Mujahadah dan Anjuran untuk segera berbuat baik

"Diantara orang-orang Mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah, maka diantara mereka ada yang gugur, Dan diantara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikitpun tidak tidak mengubah (janjinya)" (Al Ahzaab:23)

"........Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan...." (Al baqarah: 148)

Sabtu, 28 Mei 2011

KEHIDUPAN DUNIA

a. Pandangan manusia
"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak,kuda pilihan, binatang-binatang-binatang ternak dan sawah ladang.  Itulah kesenangan dunia, dan disisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)"  (QS Ali'Imran:14)

b.Peringatan
"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main.  Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui"  (QS Al'Ankabuut:64)

" Sesungguhnya perumpamaan kehidupan dunia itu, adalah seperti air (hujan) yang kami turunkan dari atas langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanaman-tanaman di bumi, diantaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak.  Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab kami diwaktu malam dan siang, lalu kami jadikan (tanaman-tanamannya) laksana tanaman-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum tumbuh kemarin.  Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berfikir"  (QS Yunus  24)

c. Ancaman
"Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur, janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatan itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui.  Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin"  (QS  At-Takaatsur:1-5)

" ketahuilah bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanaman-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning dan kemudian hancur.  Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhoanNya.  Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu/.  (QS Al hadiid :20)

Oleh karena itulah :
Rosulullah SAW memerintahkan kepada kita agar mengambil hanya sedikit saja dari perhiasan dunia.

".....Bergembira dan berharaplah sesuatu yang dapat menyenangkan kalian. Demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku takutkan dari kalian, namun aku takut dibukakannya dunia bagi kalian seperti dibukakannya bagi orang-orang sebelum kalian, lalu kalian berlomba-lomba mendapatkannya, lau hal itu akan menghancurkan kalian sebagaimana telah menghancurkan mereka"

dan Imam Ahmad RA berkata :
a. tinggalkanlah yang haram-haram
b. tinggalkanlah hal yang berlebihan dari sesuatu yang halal
c. Tinggalkanlah hal-hal yang menyibukkan dari Allah

Semoga dapat memberi pencerahan.
Ref : Mawaaqif Dhahika fiihaa an-Nabi (Khumais asSa'id)

Tidak ada komentar: