Mujahadah dan Anjuran untuk segera berbuat baik

"Diantara orang-orang Mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah, maka diantara mereka ada yang gugur, Dan diantara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikitpun tidak tidak mengubah (janjinya)" (Al Ahzaab:23)

"........Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan...." (Al baqarah: 148)

Kamis, 02 Juni 2011

BERLOMBA-LOMBA DALAM MENGERJAKAN KEBAIKAN

Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Mas'ud bin Amru Radhiyallahu Anhu, dia berkata,"Ketika turun ayat sedekah, yakni ayat yang menganjurkan agar bersedekah, para sahabat Radhiyallahu Anhum bergegas untuk bersedekah kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.  Setiap orang membawa sedekah sesuai dengan kemampuannya.

Begitulah para sahabat dalam bergegas dan bersegera mengerjakan kebaikan (amal salih) dan tidak menunda-nundanya

Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pada waktu perang uhud " Ya Rasullullah, apakah engkau tahudimanakah tempatku seandainya aku terbunuh?"  Beliau menjawab.  "di dalam surga, maka tanpa membuang waktu ia melempar biji kurma yang ada ditangannya, kemudian maju berperang sampai akhirnya terbunuh.

Begitu pula apa yang dilakukan oleh Anas bin Nadhir ketika pasukan muslim diserang pasukan kuda orang-orang musrik di perang uhud dan pasukan muslim terdesak....dia berkata kepada Sa'ad," Wahai Sa'ad bin Mu'adz, demi Tuhannya ka'bah, sesungguhnya saya mencium bau surga di dekat uhud ".  dan dengan gagah beraninya dia maju kemedan perang hingga akhirnya terbunuh.

Oleh karena itulah Rosulullah bersabda dalam hadisnya :

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, ia berkata, "  Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, 'Bersegeralah kalian untuk beramal sebelum datang tujuh perkara.  Apakah kamu menantikan kemiskinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang mengendorkan, tua renta yang dapat melemahkan, mati yang dapat menyudahi segala-galanya, atau menunggu datangnya Dajjal,  padahal ia adalah sejelek-jelek sesuatu yang ditunggu,  atau menunggu datangnya hari kiamat, padahal hari kiamat adalah sesuatu yang amat berat dan amat menakutkan," (diriwayatkan At-Tirmidzi dan dia berkata "hadits hadsan")

Tidak ada komentar: